Senin, 10 Juni 2013

Temuan - Temuan Dalam Pembelajaran



        Selama melakukan Pemantapan Kegiatan Mengajar (PKM), mahasiswa atau guru melakukan pembelajaran selama 10 kali di Sekolah masing-masing. Dari pembelajaran tersebut di ketahui beberapa temuan dalam pembelajaran. Berupa kelemahan, Kelebihan, dan sebagainya. Berikut merupakan temuan-temuan dalam pembelajaran.
 

A.    Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 1

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Metode pembelajaran kurang bervariasi.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kurang mampu mengembangkan metode yang sudah ada sehingga akan lebih bervariasi.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Semua anak semangat dalam mengikuti pembelajaran.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Kegiatannya menarik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada anak yang biasanya tidak mau mengerjakan tugas, pada saat itu siswa tersebut mau menyelesaikan tugas sampai selesai
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 1, rencana berikutnya adalah :
Lebih menggunakan motode yang beragam dan memperhatikan dan memberi motivasi kepada siswa yang lamban dalam pemahaman.

B.     Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 2

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Penyampaian materi kurang sistematis.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kekurang terampilan dalam menyampaikan materi kepada siswa.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa antusias dalam proses pembelajaran
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Siswa tertarik dengan materi pelajaran

5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa berani mengeluarkan pendapat
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 2, rencana berikutnya adalah :
Lebih mendalami materi yang akan disampaikan

C.    Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 3

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang efektif dalam penggunaan alokasi waktu yang telah dipersiapkan.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kurang mampu mengorganisir kegiatan pembelajaran sehingga alokasi waktu yang telah ditentukan tidak mepai kesesuaian.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa mampu menguasai materi yang disampaikan.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Telah mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada beberapa siswa yang sangat tertarik dengan materi yang saya sampaikan.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 3, rencana berikutnya adalah :
Lebih memperhatikan alokasi waktu yang telah saya persiapkan.

D.    Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 4

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang memberi motivasi kepada siswa yang lamban.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Jumlah siswa dalam kelas yang hampir mencapai 40  anak



3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kegiatan diskusi berlangsung sangat menarik.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Siswa tertaik dengan tema diskusi yang di sampaikan.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa berani memberikan masukan, pendapat maupun sanggahan dalam kegiatan diskusi.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 4, rencana berikutnya adalah :
Lebih memperhatikan dan memotivasi beberapa siswa yang lamban sehingga mampu memahami materi yang di sampaikan.

E.     Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 5

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Banyak media/alat bantu yang ada disekitar tidak digunakan.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa cukup antusias.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Metode pembelajaran cukup menarik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah : 
Ada beberapa siswa yang lambat mampu mengerjakan latihan dengan penjelasan dari temannya sendiri.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 5, rencana berikutnya adalah :
Lebih meningkatkan ketrampilan mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.


F.     Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 6

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang menggunakan media alat bantu
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kurangnya variasi dalam mengunakan media alat bantu
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa mampu menguasai materi yang disampaikan.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Telah mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada beberapa siswa yang sangat tertarik dengan materi yang saya sampaikan.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 6, rencana berikutnya adalah :
Lebih memperhatikan alokasi waktu yang telah saya persiapkan.

G.    Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 7

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang dalam hal ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Jumlah siswa kelas 1 cukup banyak.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa mampu menguasai materi yang disampaikan.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Telah mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada siswa yang menangis karena tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 7, rencana berikutnya adalah :
Lebih meningkatkan ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

H.    Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 8

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kurang memberi pancingan-pancingan maupun motivasi kepada siswa.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa mampu menguasai materi yang disampaikan.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Telah mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada siswa yang biasanya gaduh, pada mbelajaran ini cukup tenang mengikuti kegiatan sampai selesai.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 8, rencana berikutnya adalah :
Lebih intensif memberi pancingan-pancingan agar siswa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

I.       Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 9

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Banyak media/alat bantu yang ada disekitar tidak digunakan.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa cukup antusias.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Metode pembelajaran cukup menarik.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah : 
Ada beberapa siswa yang lambat mampu mengerjakan latihan dengan penjelasan dari temannya sendiri.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 9, rencana berikutnya adalah :
Lebih meningkatkan keterampilan mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.

J.      Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 10

1.    Kelemahan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang memberi penguatan pada kegiatan akhir.
2.    Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kurang memberi penguatan pada kegiatan akhir.
3.    Kelebihan yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kegiatan diskusi berlangsung sangat menarik.
4.    Kelebihan tersebut terjadi karena:
Siswa tertaik dengan tema diskusi yang di sampaikan.
5.    Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa berani memberikan masukan, pendapat maupun sanggahan dalam kegiatan diskusi.
6.    Dengan memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 10, rencana berikutnya adalah :
Pada kegiatan akhir selalu melakukan penguatan, memperbaiki kesalahpahaman yang berakhir pada satu kesimpulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar