Selama melakukan Pemantapan Kegiatan Mengajar (PKM), mahasiswa atau guru melakukan pembelajaran selama 10 kali di Sekolah masing-masing. Dari pembelajaran tersebut di ketahui beberapa temuan dalam pembelajaran. Berupa kelemahan, Kelebihan, dan sebagainya. Berikut merupakan temuan-temuan dalam pembelajaran.
A. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 1
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Metode
pembelajaran kurang bervariasi.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Kurang
mampu mengembangkan metode yang sudah ada sehingga akan lebih bervariasi.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Semua
anak semangat dalam mengikuti pembelajaran.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Kegiatannya
menarik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
anak yang biasanya tidak mau mengerjakan tugas, pada saat itu siswa tersebut
mau menyelesaikan tugas sampai selesai
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 1, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
menggunakan motode yang beragam dan memperhatikan dan memberi motivasi kepada
siswa yang lamban dalam pemahaman.
B. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 2
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Penyampaian
materi kurang sistematis.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Kekurang
terampilan dalam menyampaikan materi kepada siswa.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
antusias dalam proses pembelajaran
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Siswa
tertarik dengan materi pelajaran
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
berani mengeluarkan pendapat
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 2, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
mendalami materi yang akan disampaikan
C. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 3
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
efektif dalam penggunaan alokasi waktu yang telah dipersiapkan.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Kurang
mampu mengorganisir kegiatan pembelajaran sehingga alokasi waktu yang telah
ditentukan tidak mepai kesesuaian.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
mampu menguasai materi yang disampaikan.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Telah
mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
beberapa siswa yang sangat tertarik dengan materi yang saya sampaikan.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 3, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
memperhatikan alokasi waktu yang telah saya persiapkan.
D. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 4
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
memberi motivasi kepada siswa yang lamban.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Jumlah
siswa dalam kelas yang hampir
mencapai 40
anak
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kegiatan
diskusi berlangsung sangat menarik.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Siswa
tertaik dengan tema diskusi yang di sampaikan.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
berani memberikan masukan, pendapat maupun sanggahan dalam kegiatan diskusi.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 4, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
memperhatikan dan memotivasi beberapa siswa yang lamban sehingga mampu memahami
materi yang di sampaikan.
E. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 5
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Banyak
media/alat bantu yang ada disekitar tidak digunakan.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
cukup antusias.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Metode
pembelajaran cukup menarik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
beberapa siswa yang lambat mampu mengerjakan latihan dengan penjelasan dari
temannya sendiri.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 5, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
meningkatkan ketrampilan mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan
tema.
F. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 6
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
menggunakan media alat bantu
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Kurangnya
variasi dalam mengunakan
media alat bantu
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
mampu menguasai materi yang disampaikan.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Telah
mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
beberapa siswa yang sangat tertarik dengan materi yang saya sampaikan.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 6, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
memperhatikan alokasi waktu yang telah saya persiapkan.
G. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 7
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
dalam hal ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Jumlah
siswa kelas 1 cukup banyak.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
mampu menguasai materi yang disampaikan.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Telah
mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
siswa yang menangis karena tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 7, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
meningkatkan ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
H. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 8
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Kurang
memberi pancingan-pancingan maupun motivasi kepada siswa.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
mampu menguasai materi yang disampaikan.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Telah
mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
siswa yang biasanya gaduh, pada mbelajaran ini cukup tenang mengikuti kegiatan
sampai selesai.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 8, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
intensif memberi pancingan-pancingan agar siswa lebih antusias dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran.
I. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 9
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Banyak
media/alat bantu yang ada disekitar tidak digunakan.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
cukup antusias.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Metode
pembelajaran cukup menarik.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Ada
beberapa siswa yang lambat mampu mengerjakan latihan dengan penjelasan dari
temannya sendiri.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 9, rencana
berikutnya adalah :
Lebih
meningkatkan keterampilan
mengembangkan media/alat bantu yang relevan dengan tema.
J. Temuan – temuan dalam pembelajaran ke 10
1. Kelemahan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurang
memberi penguatan pada kegiatan akhir.
2. Kelemahan
tersebut terjadi karena:
Kurang
memberi penguatan pada kegiatan akhir.
3. Kelebihan
yang ditemukan selama proses pembelajaran adalah :
Kegiatan
diskusi berlangsung sangat menarik.
4. Kelebihan
tersebut terjadi karena:
Siswa
tertaik dengan tema diskusi yang di sampaikan.
5. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa
berani memberikan masukan, pendapat maupun sanggahan dalam kegiatan diskusi.
6. Dengan
memperhatikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran ke 10, rencana
berikutnya adalah :
Pada
kegiatan akhir selalu melakukan penguatan, memperbaiki kesalahpahaman yang
berakhir pada satu kesimpulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar