Sabtu, 16 Juni 2012

Sekilas tentang Metro TV



 
Sobat, siapa gak kenal Metro TV ???? pastinya semua tahu dong !!! ini nich da profilnya......

Sejarah Metro TV
PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabarMedia Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama "MetroTV" pada tanggal 25 Oktober1999. Pada tanggal 25 November2000, MetroTV mengudara untuk pertama kalinya dalam bentuk siaran uji coba di 7 kota. Pada awalnya hanya bersiaran 12 jam sehari, sejak tanggal 1 April2001, MetroTV mulai bersiaran selama 24 jam. Dari awalnya memulai operasi dengan 280 orang karyawan, saat ini MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.
Dengan kian banyak stasiun TV, persaingan industri pertelevisian dewasa ini semakin kompleks. Metro TV sebagai stasiun TV yang dari awal kehadirannya memposisikan diri sebagai stasiun televisi berita, hingga saat ini masih terus konsisten dan bertahan di tengah persaingan yang terjadi.

Tujuan Metro TV
Stasiun TV ini pada awalnya memiliki konsep agak berbeda dengan yang lain, sebab selain mengudara selama 24 jam setiap hari, stasiun TV ini hanya memusatkan acaranya pada siaran warta berita saja. Tetapi dalam perkembangannya, stasiun ini kemudian juga memasukkan unsur hiburan dalam program-programnya. Metro TV adalah stasiun pertama di Indonesia yang menyiarkan berita dalam bahasa Mandarin: Metro Xin Wen, dan juga satu-satunya stasiun TV di Indonesia yang tidak menayangkan program sinetron. Metro TV juga menayangkan siaran internasional berbahasa Inggris pertama di Indonesia Indonesia Now yang dapat disaksikan dari seluruh dunia. Stasiun ini dikenal memiliki presenter berita terbanyak di Indonesia
Metro TV juga menayangkan program e-Lifestyle, yakni program talkshow yang membahas teknologi informasi dan telekomunikasi.Metro TV dimiliki Media Group pimpinan Surya Paloh yang juga memiliki harian Media Indonesia dan Lampung Post.





Manajemen Lembaga Penyiaran

a.       Daftar direktur utama

No
Nama
Awal jabatan
Akhir jabatan
1
2000
2006
2
2006
2011
3
2011
sekarang

b.      Direksi saat ini

Struktur dewan direksi MetroTV saat ini adalah sebagai berikut:

No
Nama
Jabatan
1
Presiden Direktur
2
Direktur Pemberitaan
3
Direktur Penjualan dan Pemasaran
4
Direktur Keuangan dan Administrasi
5
Direktur Teknik
6
Pemimpin Redaksi

·         Program Acara[1]


·    Breaking News
·    Headline News
·    Metro Pagi
·    Wide Shot
·    Metro Siang
·    Metro Hari Ini
·    Suara Anda
·    Top Nine News
·    Metro Sport
·    Metro Malam
·    Public Corner
·    Idenesia
·    Open Mic
·    Kick Andy
·    Indonesia Now
·    Expedition
·    Archipelago
·    Chat Club
·    e Lifestyle
·    12 Pas
·    Zona Memori
·    Just Alvin
·    Democrazy
·    News Maker
·    Mata Najwa
·    Metro 10
·    Metro Files
·    Metro This Week
·    Talk Indonesia
·    Menu and Venue
·    8 Eleven Show
·    Autozone
·    OBlitz
·    Genta Demokrasi
·    MDGs Insight
·    Inside
·    Prime Interview
·    Face 2 Face
·    Genta Demokrasi
·    Super Nanny
·    Rachael Ray
·    Welcome To BCA
·    Zero To Hero


Analisis
Metro tv adalah salah satu stasiun televisi indonesia yang merupakan anak perusahaan dari media group yang di pimpin oleh surya paloh. Dan metro tv ini mulai mengudara pada tangal 25 november 2000.
Metro TV adalah sebagai stasiun TV yang dari awal kehadirannya memposisikan dirisebagai stasiun televisi berita, hingga saat ini masih terus konsisten dan bertahan di tengahpersaingan yang terjadi.
Metro tv juga sering sekali bekerja sama dengan mahasiswa yang berupa magang kerja di metro tv,setiap mahasiswa yang magang di metro tv mereka akan di tempatkan di keahlian mereka masing-masing.           

Kontroversi di metro tv

           Metro TV pernah dikecam karena melarang Sandrina Malakiano mengenakan jilbab pada saat siaran, meskipun Sandrina sudah memperjuangkannya selama berbulan-bulan dengan mengajak jajaran pimpinan level atas Metro TV berdiskusi panjang.[1] Larangan inilah yang menyebabkan Sandrina keluar dari Metro TV pada Mei2006.[2] Menurut pihak Metro TV, mereka hanya akan mengizinkan presenternya berjilbab di depan kamera ketika Ramadan atau hari-hari besar Islam.[1]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar