Sabtu, 16 Juni 2012

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Facebook Sebagai Media Dakwah

Dampak Positif dan Negatif Facebook Sebagai Media Dakwah

Facebook merupakan salah satu bentuk media  Teknologi Informasi dan komunikasi. Di Indonesia ini facebook merupakan situs jejaring sosial didunia maya (internet) yang paling favorit dikunjungi dibandingkan dengan yang lain seperti friendster, twitter, skype, dsb. Hal itu dikarenakan facebook mempunyai desain minimalis tapi kaya akan fitur dan pendukung, gratis dan mudah digunakan. Pengguna facebook yang sangat banyak ini terutama mayoritas dari kancah pemuda, membuat facebook cukup alternatif untuk digunakan sebagai sarana dakwah masa kini. Maka, tak sedikit dari para aktivis dakwah memanfaatkan demam facebook yang ada sebagai sarana dakwah Islam. Akan tetapi penggunaan dakwah dari facebook ini dapat memunculkan berbagai dampak positif dan negatif.

A.    Dampak positif:

·            ~  Dakwah via media facebook  merupakan alternatif dakwah selain dakwah melalui kontak langsung tatap muka.
·         ~  Facebook merupakan situs yang paling banyak diakses oleh orang Indonesia. Hai ini memberikan peluang besar bagi dakwah. karena tujuan utama dakwah via media adalah diakses (dibaca, didengar dan atau dilihat) oleh orang lain.
·         ~  Sebagai media jejaring sosial, facebook cukup akrab bagi penggunanya. Maka tak mengherankan terdapat sisi keterbukaan dan narsisme dari para pengguna. Hal tersebut dimanfaatkan dalam kegiatan dakwah lewat facebook, baik si da’i yang sudah profesional maupun da’i dadakan dapat menyampaikan risalah dakwahnya dengan bahasa facebook yang ringan dan tidak terkesan menggurui. Begitu pula dari sudut mad’u  merasa dalam ruang yang tidak formal dapat merasa rileks karena tidak bertemu secara tatap muka sehingga terjadi feedback yang bersifat lebih terbuka.
·         ~ Fitur-fitur yang ada dalam icon facebook seseorang seperti Friend requests, Notification, Messages, Recommended Pages, Groups Requests, Notes, Photo profile, Status, dsb merupakan fitur yang cukup mudah dalam mengaplikasikan syiar  dakwah Islam. Sebagaimana Status yang digunakan bisa diisi dengan kalimat-kalimat kebaikan untuk syiar Islam. Message bisa digunakan ketika facebooker menghendaki membuat pesan kemudian dikirim kepada teman-teman lainnya. Friend reques merupakan permintaan pertemanan seseopang kepada sesama faceboker lainnya yang bisa berjumlah sampai 5000 orang. Semakin banyak jumlah teman yang dimiliki makin semakin banyaklah sasaran dakwahnya.
·         ~  Dakwah dalam bentuk tulisan panjang selain dalam bentuk message dan status, juga dapat disampaikan lewat notes atau catatan dan gambar dalam photo. Kemudian  tinggal meng-Tag teman-teman yang dikehendaki.Dari situ akan muncul tanggapan atau komentar yang disa dijadikan sebagai ajang diskusi islami.
·         ~  Recomended pages yang bernada islam seperti Al Qur'an Al Karim, Mukjizat Sholat Dan Doa, Al-Qur’ani, I love Muhammad, I LoveAllah.com, I’m a Muslim & Im Proud, Mukjizat Sholat Dan Doa, Kumpulan doa-doa Islam,Yuk Sholat Dhuha...,  Sholat Tahajud by Qiyamullaill, dsb merupakan rekomendasi halaman dari si pembuat sehingga dari situ dapat diketahui seberapa banyak  facebooker yang suka dan tanggap terhadap recommended page tersebut.
·         ~  Selain itu facebook juga bisa membangun hubungan sillaturrahmi antar sesama umat, dari mulai menemukan teman-teman lama dari SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi dst yang dilakukan dengan saling menyapa satu sama lain sehingga menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat putus. Disamping itu dapat menemukan teman-teman baru yang tidak dikenal. Dari situ akan terjalin komunikasi dunia maya walaupun jarang bertemu atau mungkin tidak pernah ketemu. Dan hal itu juga yang dapat dijadikan channel silaturahmi. Sebagaimana yang telah dialami oleh penulis sendiri pernah dua kali mendapatkan bantuan dan pertolongan dari teman facebook yang belum pernah ditemui sebelumnya ketika mendapat masalah diluar kota. Bahkan tak jarang pula teman facebook yang belum pernah ketemu tersebut bisa memenuhi undangan sebagaimana undangan diskusi, seminar, pelatihan sampai undangan pernikahan dari facebooker. Dari situ sangat terasa sekali bahwa ajang silaturahmi dari facebook yang bersifat komunikasi dunia maya dapat menembus dunia nyata.
·         ~  facebook juga memberikan ruang bebas bagi penggunanya untuk membuat groupnya masing-masing. Tentu saja group tersebut dapat digunakan sebagai sarana berdakwah sebagaimana group dakwah yang diikuti oleh penulis seperti Muslim Budiman, kaum muslimin muslimah,mu'minin mu'minat,sholeh sholehah, Abu Shofi Shidiq (Abundance Mentality Trainer), IMAKEN, Grapalaz, Alumni Pondok Modern Selamat, dsb. Dari group-group tersebut, masing-masing anggota group dapat menuliskan kalimat-kalimat dakwah. Dari tulisan tersebut masing-masing anggota dapat mengetahui apa yang ditulis oleh teman yang lainnya karena pemberitahuan itu muncul di notification masing-masing anggota group. kemudian mereka dapat memberikan komentar atau pernyataan. Dengan group tersebut dapat dijadikan sarana untuk berdiskusi seluruh anggota. Semakin banyak anggota group tersebut, maka semakin aktif pula kegiatan diskusinya berjalan.
·         Fitur Invitation atau Agenda kegiatan yang terdapat didalam facebook dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan undangan kegiatan dakwah. Sebagaimana diskusi, pelatihan, perkumpulan maupun seminar.                                      

                            
B.     Dampak negatif

Sebagai media dakwah yang banyak digunakan oleh facebooker  tahun-tahun terakhir ini, facebook tentunya mempunyai sisi kelemahan antara lain:
·         ~ Tulisan-tulisan bernada dakwah yang di postkan oleh status maupun notes atau catatan, biasanya komentarnya jarang. Hal ini berbanding terbalik dengan tulisan dalam status yang bersifat melankolis, kontroversial atau tidak bermutu yang mana banyak dikomentari oleh para teman facebooknya.
·         ~ Pesan dakwah yang disampaikan melalui fitur message baik perseorangan maupun yang Group, komentar  yang rata-rata ditemui bersifat ucapan terima kasih dan pujian ataupun pernyataan like dalam tulisan tersebut. Hal itu mungkin dikarenakan terdapat kesan jenuh dari pembaca pesan dakwah terhadap tulisan yang panjang lebar tersebut.
·         ~ Dakwah yang dilakukan lewat facebook mengurangi kontak tatap muka antara Da’i dan Mad’u, antara komunikator dan komunikan.
·         ~ Efek dari proses dakwah via facebook ini kurang bisa diamati secara maksimal karena bersifat maya.
·         ~ Para pengguna facebook tidak selalu membuka facebooknya setiap saat. Sehingga  memungkinkan terjadinya keterlambatan penerimaan pesan.
·         ~ Icon Facebook bersifat  umum yang bisa diakses oleh semua orang sehingga terkadang ada orang-orang iseng ataupun orang jahil yang berusaha merusak citra facebook orang yang tidak disukainya dengan mengirim gambar-gambar porno dan amoral kedalam beranda profilnya, yang disa dilihat oleh semua teman-temannya yang membuka facebooknya.
·         ~ Sifat facebook yang terbuka ini, memungkinkan juga masuknya dakwah-dakwah islam yang bersifat radikalisme maupun berhaluan islam jaringan keras.
·         ~ Orang-orang yang tidak suka terhadap islam bisa menyerang islam lewat dakwah via facebook, karena identitas dari sipelaku bisa disamarkan. Ya nggak???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar