Facebook Sebagai Media Dakwah
Dampak Positif dan Negatif Facebook Sebagai Media Dakwah
Facebook merupakan salah satu bentuk media
Teknologi Informasi dan komunikasi. Di Indonesia ini facebook merupakan situs
jejaring sosial didunia maya (internet) yang paling favorit dikunjungi
dibandingkan dengan yang lain seperti friendster, twitter, skype, dsb. Hal itu
dikarenakan facebook mempunyai desain minimalis tapi kaya akan fitur dan
pendukung, gratis dan mudah digunakan. Pengguna facebook yang sangat banyak ini
terutama mayoritas dari kancah pemuda, membuat facebook cukup alternatif untuk
digunakan sebagai sarana dakwah masa kini. Maka, tak sedikit dari para aktivis
dakwah memanfaatkan demam facebook yang ada sebagai sarana dakwah Islam. Akan
tetapi penggunaan dakwah dari facebook ini dapat memunculkan berbagai dampak
positif dan negatif.
A. Dampak positif:
·
~ Dakwah
via media facebook merupakan alternatif dakwah selain dakwah melalui kontak
langsung tatap muka.
·
~ Facebook
merupakan situs yang paling banyak diakses oleh orang Indonesia. Hai ini
memberikan peluang besar bagi dakwah. karena tujuan utama dakwah via media
adalah diakses (dibaca, didengar dan atau dilihat) oleh orang lain.
·
~ Sebagai
media jejaring sosial, facebook cukup akrab bagi penggunanya. Maka tak
mengherankan terdapat sisi keterbukaan dan narsisme dari para pengguna. Hal
tersebut dimanfaatkan dalam kegiatan dakwah lewat facebook, baik si da’i yang
sudah profesional maupun da’i dadakan dapat menyampaikan risalah dakwahnya
dengan bahasa facebook yang ringan dan tidak terkesan menggurui. Begitu pula
dari sudut mad’u merasa dalam ruang yang tidak formal dapat merasa rileks
karena tidak bertemu secara tatap muka sehingga terjadi feedback yang bersifat
lebih terbuka.
·
~
Fitur-fitur yang ada dalam icon facebook seseorang seperti Friend requests,
Notification, Messages, Recommended Pages, Groups Requests, Notes, Photo
profile, Status, dsb merupakan fitur yang cukup mudah dalam mengaplikasikan
syiar dakwah Islam. Sebagaimana Status yang digunakan bisa diisi dengan
kalimat-kalimat kebaikan untuk syiar Islam. Message bisa digunakan ketika
facebooker menghendaki membuat pesan kemudian dikirim kepada teman-teman
lainnya. Friend reques merupakan permintaan pertemanan seseopang kepada sesama
faceboker lainnya yang bisa berjumlah sampai 5000 orang. Semakin banyak jumlah
teman yang dimiliki makin semakin banyaklah sasaran dakwahnya.
·
~
Dakwah dalam bentuk tulisan panjang selain dalam bentuk message dan status,
juga dapat disampaikan lewat notes atau catatan dan gambar dalam photo.
Kemudian tinggal meng-Tag teman-teman yang dikehendaki.Dari situ akan
muncul tanggapan atau komentar yang disa dijadikan sebagai ajang diskusi
islami.
·
~ Recomended
pages yang bernada islam seperti Al Qur'an Al Karim, Mukjizat Sholat Dan
Doa, Al-Qur’ani, I love Muhammad, I LoveAllah.com, I’m a Muslim & Im Proud,
Mukjizat Sholat Dan Doa, Kumpulan doa-doa Islam,Yuk Sholat Dhuha...,
Sholat Tahajud by Qiyamullaill, dsb merupakan rekomendasi halaman dari si
pembuat sehingga dari situ dapat diketahui seberapa banyak facebooker
yang suka dan tanggap terhadap recommended page tersebut.
·
~ Selain
itu facebook juga bisa membangun hubungan sillaturrahmi antar sesama umat, dari
mulai menemukan teman-teman lama dari SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi dst yang dilakukan dengan
saling menyapa satu sama lain sehingga menyambung kembali tali silaturahmi yang
sempat putus. Disamping itu dapat menemukan teman-teman baru yang tidak
dikenal. Dari situ akan terjalin komunikasi dunia maya walaupun jarang bertemu
atau mungkin tidak pernah ketemu. Dan hal itu juga yang dapat dijadikan channel
silaturahmi. Sebagaimana yang telah dialami oleh penulis sendiri pernah dua
kali mendapatkan bantuan dan pertolongan dari teman facebook yang belum pernah
ditemui sebelumnya ketika mendapat masalah diluar kota. Bahkan tak jarang pula
teman facebook yang belum pernah ketemu tersebut bisa memenuhi undangan
sebagaimana undangan diskusi, seminar, pelatihan sampai undangan pernikahan
dari facebooker. Dari situ sangat terasa sekali bahwa ajang silaturahmi dari
facebook yang bersifat komunikasi dunia maya dapat menembus dunia nyata.
·
~ facebook
juga memberikan ruang bebas bagi penggunanya untuk membuat groupnya
masing-masing. Tentu saja group tersebut dapat digunakan sebagai sarana
berdakwah sebagaimana group dakwah yang diikuti oleh penulis seperti Muslim
Budiman, kaum muslimin muslimah,mu'minin mu'minat,sholeh sholehah, Abu Shofi
Shidiq (Abundance Mentality Trainer), IMAKEN, Grapalaz, Alumni Pondok Modern
Selamat, dsb. Dari group-group tersebut, masing-masing anggota group dapat
menuliskan kalimat-kalimat dakwah. Dari tulisan tersebut masing-masing anggota
dapat mengetahui apa yang ditulis oleh teman yang lainnya karena pemberitahuan
itu muncul di notification masing-masing anggota group. kemudian mereka
dapat memberikan komentar atau pernyataan. Dengan group tersebut dapat
dijadikan sarana untuk berdiskusi seluruh anggota. Semakin banyak anggota group
tersebut, maka semakin aktif pula kegiatan diskusinya berjalan.
·
Fitur
Invitation atau Agenda kegiatan yang terdapat didalam facebook dapat
dimanfaatkan untuk menyampaikan undangan kegiatan dakwah. Sebagaimana diskusi,
pelatihan, perkumpulan maupun
seminar.
B. Dampak negatif
Sebagai media dakwah yang
banyak digunakan oleh facebooker tahun-tahun terakhir ini, facebook
tentunya mempunyai sisi kelemahan antara lain:
·
~ Tulisan-tulisan
bernada dakwah yang di postkan oleh status maupun notes atau catatan, biasanya
komentarnya jarang. Hal ini berbanding terbalik dengan tulisan dalam status
yang bersifat melankolis, kontroversial atau tidak bermutu yang mana banyak
dikomentari oleh para teman facebooknya.
·
~ Pesan
dakwah yang disampaikan melalui fitur message baik perseorangan maupun yang
Group, komentar yang rata-rata ditemui bersifat ucapan terima kasih dan
pujian ataupun pernyataan like dalam tulisan tersebut. Hal itu mungkin
dikarenakan terdapat kesan jenuh dari pembaca pesan dakwah terhadap tulisan
yang panjang lebar tersebut.
·
~ Dakwah
yang dilakukan lewat facebook mengurangi kontak tatap muka antara Da’i dan
Mad’u, antara komunikator dan komunikan.
·
~ Efek
dari proses dakwah via facebook ini kurang bisa diamati secara maksimal karena
bersifat maya.
·
~ Para
pengguna facebook tidak selalu membuka facebooknya setiap saat. Sehingga
memungkinkan terjadinya keterlambatan penerimaan pesan.
·
~ Icon
Facebook bersifat umum yang bisa diakses oleh semua orang sehingga
terkadang ada orang-orang iseng ataupun orang jahil yang berusaha merusak citra
facebook orang yang tidak disukainya dengan mengirim gambar-gambar porno dan
amoral kedalam beranda profilnya, yang disa dilihat oleh semua teman-temannya
yang membuka facebooknya.
·
~ Sifat
facebook yang terbuka ini, memungkinkan juga masuknya dakwah-dakwah islam yang
bersifat radikalisme maupun berhaluan islam jaringan keras.
·
~ Orang-orang
yang tidak suka terhadap islam bisa menyerang islam lewat dakwah via facebook,
karena identitas dari sipelaku bisa disamarkan. Ya nggak???
Tidak ada komentar:
Posting Komentar