Rabu, 20 Juni 2012

DAKWAH LINTAS BUDAYA


Pengertian Dakwah Lintas Budaya
Dakwah Lintas Budaya adalah merupakan kajian proses berdakwah mengajak seorang manusia untuk menyampaikan pesan-pesan agama Islam dan perilaku islami sesuai dengan konsep budaya yang berkembang di masyarakat. Hakikat dakwah Lintas budaya itu bagaimana kita dalam berdakwah, menggunakan budaya itu sebagai materi, metode, alat, dan strategi sesuai dengan kondisi budaya sasaran dakwah (mad’u). Karena setiap orang, setiap tempat, wilayah dan lingkungan mempunyai kondisi sosial budaya yang berbeda-beda. Maka dalam pendekatannya pun  berbeda pula.

Wilayah Kajian Dakwah lintas Budaya
Wilayah kajian dalam Dakwah lintas Budaya yakni mencakup berbagai bentuk Interaksi beberapa kebudayaan. Baik itu dalam bidang antropologi budaya, sosial, politik, ekonomi, filsafat, sastra, bahasa, musik, dan media massa. Selain itu perbedaan budaya, persinggungan budaya yang memicu proses inkulturasi, akulturasi, asimilasi. Itu juga merupakan wilayah kajian dalam dakwah Lintas Budaya. Karena dakwah itu juga harus disesuaikan dengan kondisi setempat. Sebagaimana diterangkan dlm QS. Ibrahim:4 yang berbunyi:
 “Kami tidak mengutus seorang rasulpun,supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dialah Tuhan yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.”
        Dari firman Allah tersebut,   “Bahasa kaumnya” dalam ayat ini tidak terbatas hanya pada segi bahasa. Akan tetapi juga dikaitkan dengan keadaan, kondisi dan budaya setempat. Maka Rasul yang di utus oleh Allah dalam menyampaikan dakwahnya strateginya disesuaikan dengan kultur budaya setempat. Sebagaimana cara berdakwahnya Nabi Nuh, Nabi Musa dengan Nabi Muhammad terdapat beberapa perbedaan dalam pola strategi . Karena tantangan yang dihadapi bentuknya berbeda-beda dengan kondisi kaumnya yang berbeda pula. Akan tetapi terdapat persamaan tujuan Dakwah tersebut. Yakni mengajak kepada ketauhidan dengan menyembah Allah semata
        Selain itu wilayah kajian dari Dakwah lintas budaya ini juga tidak hanya menganalisis perbedaan akan tetapi juga persamaannya yang tentunya dari persamaan-persamaan tersebut terdapat celah-celah untuk lebih mudah dalam menyampaikan risalah Islam. Melalui berbagai pendekatan Psikologis, Sosiologis dan Lintas Budaya. (Anisa KW)

1 komentar: