Sabtu, 16 Juni 2012

DAKWAH PPPA DAARUL QUR'AN



 Dakwah bisa disampaikan lewat media dan sarana apa saja. Salah satunya melalui lembaga. Karena lembaga cenderung lebih kuat sistem manajemen dakwahnya. Selain itu kegiatan dakwah lebih terorganisir. Sehingga dapatmendukung suksesnya dakwah pada mad'u yang lumayan banyak jumlahnya dan heterogen. Sebagaimana yang dilakukan oleh PPPA Daarul Qur'an. PPPA Daarul Qur’an merupakan lembaga yang bergerak di dalam bidang dakwah. Karena didalam dalam bahasan dakwahnya terdiri dari Ihyaussunnah (memasyarakatkan sunnah), tahfidzul Qur’an dan sedekah. Selain itu Sistem operasional PPPA Daarul Qur’an terlihat dari struktur lembaga PPPA Daarul Qur’an yang merupakan sebuah lembaga yang bernaung di bawah suatu yayasan yang bernama Yayasan Daarul Qur’an Nusantara. Meskipun terdapat banyak hambatan dan tantangan  dalam perjalanan PPPA Daarul Qur’an yang masih terhitung baru dibandingkan dengan pondok pesantren besar pada umumnya, namun PPPA Dapat membawa lembaganya sampai ke tahap yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, berskala Nasional bahkan sampai taraf Internasional.  


 
Bahasan Dakwah Daarul Qur’an
1.    Ihyaus Sunnah
Ihyaus sunnah sebagai kurikulum dakwah Pondok  Pesantren Daarul Quran merupakan suatu kurikulum yang menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan sunah-sunah Rasul yang telah dilaksanakannya, yang tidak menyangkut masalah fiqh. Ihyaus sunah diibaratkan sebagai suplemen untuk menjadi tambahan ibadah, contohnya shalat dhuha, shalat tahajjud, dan lain-lain.
2.    Tahfidzul Quran
Tahfidzul Quran merupakan salah satu bagian dari divisi pendidikan yang diterapkan di Daqu School. Untuk memudahkan pendidikan tahfidzul Quran, metode yang digunakan adalah “one day one ayat” artinya satu hari menghapal satu ayat. Untuk masyarakat umum yang ingin mengikuti tahfidzul Quran, Daarul Quran menyediakan program Qur’an Call sehinggga memudahkan keefektifan proses hapalan.
3.      Sedekah
Sedekah di sini dijadikan sebagai salah satu solusi untuk menghadapi permasalahan hidup masyarakat. Penggunaan istilah sedekah sebagai salah satu sasaran dakwah PP Daarul Qur’an adalah untuk memudahkan penerimaan dan penyaluran harta sedekah yang lebih luas. Berbeda dengan sedekah fardlu (zakat) yang hanya dikhususkan kepada delapan mustahiq zakat dan harta yang diberikan hanya berupa uang atau makanan pokok. 

Tujuan dari program ini adalah:
1. Memasyarakatkan sunah Rasul menjadi suatu hal yang membiasakan para masyarakat dalam beribadah dalam hal ini adalah sedekah (cinta Rasul).
2. Menciptakan generasi penghafal Al-Qur’an
3. Memasyarakatkan sedekah kepada umat


Hambatan-hambatan Dakwah
Lembaga PPPA Darul Qur’an yang hampir berusia  windu tentunya tidak mudah dalam menyampaikan nilai-nilai ajaran Islam ditengah masyarakat yang majemuk. Beberapa kendala dan hambatan yang dihadapi oleh PPPA Daarul Qur’an antara lain:
a.       Miss Orientasi
Masyarakat masih belum mengenal PPPA Daarul-Qur’an. terutama soal fiqih sering di persoalkan oleh masyarakat. Mengenai madzhab yang dianut lembaga. Selain itu status PPPA Daarul Qur’an ini masih dipertanyakan kualitasnya karena baru beberapa tahun berdiri.
b.      Kontroversi Program Sedekah sebagai solusi
Masyarakat masih belum memahami tentang Sedekah yang diunggulkan oleh Manajemen Wisata Hati. Bahwa sedekah sebagai solusi permasalahan hidup masih belum sepenuhnya dipercayai oleh masyarakat.

Strategi Dakwah
a.       Sosialisasi lewat beberapa media massa baik cetak maupun elektronik
b.      Sosialisasi bahwa PPPA Daarul Qur’an tidak mempersulit dalam urusan fiqih
c.       Pendekatan pada masyarakat
d.      Membawa Brain Ustadz Yusuf Mansur yang sudah terlanjur terkenal
e.       Seminar-seminar tentang bahasan dakwah Daarul Qur’an
f.       Mengembangkan jaringan sampai ke taraf Internasional

Sarana dan Media Dakwah
Media Dakwah merupakan sarana, jalan dan media yang digunakan dalam menyampaikan misi dakwah. Semakin banyaknya informasi yang diperlukan oleh masyarakat juga tentunya ini dapat memberikan semangat tersendiri bagi berbagai media massa untuk berlomba menyajikan informasi dengan berbagai bentuk yang disajiakan. Bentuk media massa yang berkembang saat ini diantaranya adalah surat kabar, radio, televisi dan lainnya.
Dengan memalui beberapa media yang ada diharapkan dapat mengenalkan dan menyampaikan materi dakwah PPPA Daarul Qur’an kepada masyarakat. Diantara sarana dan media yang digunakan antara lain:
1.      Lembaga Pendidikan
-          PonPes Daarul Qur’an,
-          DaaQu Kids,
-          DaaQu School
-          SMP 1 Nasional Plus Daarul Qur’an di Bulak Santri, Tengerang,
-          Sekolah Daarul Qur’an internasional terdiri dari TK, SD, SLTP dan SLTA
-          STIMIK (Sekolah Manajemen Tinggi Informatika dan Komputer) Antar Bangsa di Ketapang  Tangerang,
-          Training Center di Cinagara Bogor,
-          Pesantren Daarul Qur’an Lembang Bandung,
-          DaaQu Kids Semarang,
-          PonPes Daarul Qur’an Solo dan lain-lain
2.      Radio Daqu
Menyikapi banyaknya radio komersial yang lebih menitik beratkan pada materi siaran yang berisi informasi dan hiburan PPPA Daarul Qur’an mendirikan radio streaming, sebagai  alternative pendengar akan informasi berita, pengetahuan tentang ajaran Islam.[1]
3.      Televisi
Kegiatan Daarul Qur’an untuk memasyarakatkan sunnah sering ditampilkan di media Televisi khususnya pada topik bahasan tahfidzul Qur’an dan Shodaqoh. Biasanya di tampilkan juga dalam beberapa acara di MNC TV dan ANTV dengan tokohnya Ustadz Yusuf Mansur.
4.      Trainning in Movie
Merupakan program terbaru dari PPPA Daarul Qur’an untuk berdakwah lewat media film. Karena film merupakan media yang cukup diminati oleh masyarakat.
5.      Surat Kabar (koran)
Beberapa dari kegiatan di PPPA Daarul Qur’an juga sering diliput dibeberapa media. Contohnya di Surat Kabar Harian Media Indonesia pada hari senin, 4 Juni 2012  dengan judul berita “ Paket Beasiswa untuk 1000 santri”, dsb.
6.      Media Internet
-          www.pppa.or.id
adalah situs yang merupakan group link dari wisatahati.com tentang Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) DAARUL QUR'AN, di Pondok Pesantren Daarul Qur'an yang berlokasi di Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Blok A3 No. 21, Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, kota Tangerang 15117, telp. 021-73453000 dan fax. 021-73444858.

-          www.daqu.sch.id
Web Site mengenai lembaga pendidikan di PPPA Daarul Qur’an, YAKNI Daqu School, dll
7.      Kegiatan Wisata Hati, Tabligh, Seminar, dsb





[1]http://www.radiodaqu.com/statis-12-berandap3a.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar