Prinsip
Penilaian Kelas
1.
Proses
Penilaian merupakan bagian dari Pembelajaran
Penilaian kelas
yang baik mempersyaratkan adanya keterkaitan langsung dengan aktivitas proses
belajar-mengajar.
2.
Penilaian
Mencerminkan Masalah dunia nyata
Penilaian harus
dapat mengarahkan siswa untuk memahami keterkaitan kemampuan yang diperoleh
dari proses pembelajaran dengan masalah yang dihadapi dalam masyarakat.
3.
Menggunakan
Berbagai Ukuran, Metode dan Kriteria
Untuk dapat
mengungkapkan kemampuan yang dicapapi siswa diperlukan ukuran, metode,
kriteria, dan teknik yang sesuai agar penilaian dapat memberikan hasil yang tepat
dan tepercaya.
4.
Penilaian
Harus Bersifat Holistik
Penilaian
dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
5.
Penilaian
Kelas Mengacu Kepada Kemampuan
Penilaian kelas
disusun dan dirancang untuk mengukur apakah siswa telah menguasai kemampuan
sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam kurikulum.
6.
Berkelanjutan
Penilaian harus
merupakan proses yang berkelanjutan dalam rangkaian rencana mengajar guru
selama satu semester dan tahun ajaran.
7.
Didaktis
Hasil penilaian
diharapkan dapat digunakan untuk mendorong dan membina siswa dalam meningkatkan
kualitas hasil belajar.
8.
Menggali
Informasi
Penilaian kelas
yang baik harus dapat memberikan informasi yang cukup bagi gguru untuk
mengambil keputusan dan umpan balik.
9.
Melihat
yang Benar dan yang Salah
Dalam
memberikan penilaian guru hendaknya melakukan analisis terhadap hasil penilaian
dan kerja siswa secara seksama untuk melihat adanya kesalahan yang secara umum
terjadi pada siswa dan sekaligus melihat hal-hal yang diberikan siswa.
Prosedur/
Metode Penilaian Kelas
1.
Penilaian
tertulis (paper-pencil test) baik yang merupakan soal pilihan ganda atau
uraian
2.
Tes
praktek (performance test)
3.
Penilaian
produk
4.
Penilaian
proyek
5.
Peta
perkembangan
6.
Evaluasi
diri siswa
7.
Penilaian
afektif, dan Portofolio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar