Minggu, 01 Desember 2013

PRINSIP DAN METODE PENILAIAN KELAS



Prinsip Penilaian Kelas
1.      Proses Penilaian merupakan bagian dari Pembelajaran
Penilaian kelas yang baik mempersyaratkan adanya keterkaitan langsung dengan aktivitas proses belajar-mengajar.
2.      Penilaian Mencerminkan Masalah dunia nyata
Penilaian harus dapat mengarahkan siswa untuk memahami keterkaitan kemampuan yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan masalah yang dihadapi dalam masyarakat.
3.      Menggunakan Berbagai Ukuran, Metode dan Kriteria
Untuk dapat mengungkapkan kemampuan yang dicapapi siswa diperlukan ukuran, metode, kriteria, dan teknik yang sesuai agar penilaian dapat memberikan hasil yang tepat dan tepercaya.
4.      Penilaian Harus Bersifat Holistik
Penilaian dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
5.      Penilaian Kelas Mengacu Kepada Kemampuan
Penilaian kelas disusun dan dirancang untuk mengukur apakah siswa telah menguasai kemampuan sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam kurikulum.
6.      Berkelanjutan
Penilaian harus merupakan proses yang berkelanjutan dalam rangkaian rencana mengajar guru selama satu semester dan tahun ajaran.
7.      Didaktis
Hasil penilaian diharapkan dapat digunakan untuk mendorong dan membina siswa dalam meningkatkan kualitas hasil belajar.
8.      Menggali Informasi
Penilaian kelas yang baik harus dapat memberikan informasi yang cukup bagi gguru untuk mengambil keputusan dan umpan balik.
9.      Melihat yang Benar dan yang Salah
Dalam memberikan penilaian guru hendaknya melakukan analisis terhadap hasil penilaian dan kerja siswa secara seksama untuk melihat adanya kesalahan yang secara umum terjadi pada siswa dan sekaligus melihat hal-hal yang diberikan siswa.

Prosedur/ Metode Penilaian Kelas
1.      Penilaian tertulis (paper-pencil test) baik yang merupakan soal pilihan ganda atau uraian
2.      Tes praktek (performance test)
3.      Penilaian produk
4.      Penilaian proyek
5.      Peta perkembangan
6.      Evaluasi diri siswa
7.      Penilaian afektif, dan Portofolio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar