Kelebihan dan Kekurangan dalam pembelajaran Terpadu.
Menurut
Hernawan (2009:1.8), terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam
pembelajaran terpadu, antara lain:
1. Kelebihan
a. Pengalaman dan kegiatan belajar akan
selalu relevan dengan perkembangan siswa
b. Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam
pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
c. Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna
bagi siswa sehingga belajar akan bertahan lebih lama.
d. Pembelajaran terpadu dapat
menumbuhkembangkan keterampilan berfikir siswa
e. Menyajikan kegiatan yang bersifat
pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui siswa dalam
lingkungannya
2. Kekurangan atau kendala:
a. Kompetensi dasar yang harus dicapai
siswa dalam kurikulum sekolah dasar tahun 2004 masih terpisah-pisah kedalam berbagai
mata pelajaran yang ada.
b. Dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu
dibutuhkan sarana dan prasarana belajar yang memadai untuk mencapai kompetensi
dasar secara optimal.
c. Belum semua guru sekolah dasar memahami
konsep pembelajaran terpadu secara utuh. Kendala utama dalam pelaksanaannya
yaitu sifat konservatif guru. Umumnya guru merasa senang dengan proses
pembelajaran konvensional yang sudah biasa.
Cara Penyampaian Pembelajaran Terpadu
Sedangkan silabus yang digunakan mengacu pada perangkat komponen-komponen dalam Kurikulum Berdasar Standar Isi 2006 yang disusun oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. Daerah dan atau sekolah yang mempunyai kemampuan mandiri dapat menyusun silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya setelah mendapat persetujuan dari Dinas Pendidikan setempat (Propinsi, Kabupaten/Kota) Guru diharapkan dapat mengembangkannya sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar