Jumat, 05 Juli 2013

Cara Melaksanakan Proses Jurnalistik Islami


Pelaksana dakwah mempunyai tugas (fungsi) menyebarkan Agama Islam, menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada orang lain.,Dengan demikian seorang jurnalis Islam dalam melaksanakan proses jurnalistik  dengan cara :
a.       Meluruskan Itiqad
     Dalam hubungan ini tiap da’i atau jurnalis bertugas membersihkan kepercayaan yang keliru itu dan mengembalikan umat pada kepercayaan yang hak yakni ajaran Tauhid.
b.      Mendorong untuk beramal
     Banyak orang tidak melakukan amal-amal kebajikan, mungkin karena mereka tidak mengetahui faedah serta cara melakukannya. Dalam hubungan ini jurnalis diharapkan mampu mendorong umat untuk melakukan amalan di jalan Allah.
c.       Mencegah Kemunkaran
     Setiap waktu dan tempat selalu ada kemunkaran, baik yang besar maupun yang kecil. Kemunkaran dan kemaksiatan adalah bentuk perbuatan yang dilarang oleh Allah. Dengan demikian para da’i berusaha mencegah kemunkaran itu, setidak-tidaknya dalam bentuk nasihat atau teguran.
d.      Membersihkan Jiwa
     Tidak cukup manusia disebut baik dalam bentuk lahiriah, tetapi perlu pula bersih batin atau rohaninya. Sudah tentu para jurnalis atau da’i itu sendiri harus bersih jiwanya lebih dahulu, sebelum orang lain membersihkan jiwa mereka.
e.       Mengkokohkan Pribadi
 Tujuan da’i mengkokohkan kepribadian seseorang agar kepribadiannya diwarnai agama dan agar setiap masalah selalu dianalisa dengan kacamata agama dan setiap problema dipecahkan dengan pisau analisa agama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar