A.
Latar
Belakang
Wilayah
kecamatan Guntur-Demak, khususnya Desa Bumiharjo memiliki lahan sawah yang luas, dan
menurut data statistik Desa Bumiharjo menempati urutan ke-2 tingkat kecamatan yang
memiliki tanah yang luas, sehingga bisa dikatakan desa yang kaya tanah dibanding
beberapa desa di seluruh kecamatan Guntur. Maka melihat dari kenyataan
tersebut, sebagian besar penduduk desa Bumiharjo bermata pencarian sebagai
petani. Dalam setahun masyarakat desa Bumiharjo menanam padi 2 kali pada musim
penghujan, dan setelah itu sawah ditanami kacang hijau dan tanaman lainnya.
Akan tetapi masyarakat lebih memilih menanam kacang hijau setelah musim taman
padi dibanding tanaman sawah lainnya.
Melihat luas
dan besarnya potensi sawah yang dimiliki desa Bumiharjo dalam menanam kacang
hijau, otomatis kacang hijau yang dihasilkan pun banyak, sehingga perlu adanya
suatu usaha untuk mengembangkan dan memanfaatkan kacang hijau dalam bentuk
aneka makanan siap saji yang banyak diminati kalangan masyarakat luas. Karena
di desa Bumiharjo juga terdapat kumpulan Ibu-ibu PKK dan POKJA Ibu-ibu sebagai
wadah terciptanya desa Bumiharjo yang mandiri dan kreative.
Selain usaha
pengolahan kacang hijau di atas, perkumpulan Ibu-ibu PKK dan POKJA juga membuka
usaha pembuatan Accessories dari manik-manik yang mana saat ini sangat digemari
masyarakat untuk hiasan jilbab, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, bunga
hias, hiasan tempat parcel, atau aneka Accessories lainnya. Usaha ini selain
untuk menyalurkan kreativitas Ibu-ibu PKK dan POKJA, juga untuk mengisi
kegiatan ibu-ibu warga desa Bumiharjo yang sebagian besar berprofesi sebagai
ibu rumah tangga. Usaha ini diharapkan ibu-ibu desa Bumiharjo dapat ikut andil
dalam menunjang perekonomian keluarga mereka disamping dari hasil pertanian.
Berangkat dari
permasalahan di atas maka, kami menyusun bisnis plan yang bergerak dalam bidang
kuliner dan pembuatan Accessories, yang
mana kacang hijau yang biasanya dijual tanpa olahan dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat luas sebagai makanan dan jajanan siap
saji dan memiliki gizi tinggi, dan aneka kreasi manik-manik sebagai Accessories.
Karena dengan aneka macam olahan kacang hijau yang menarik dan model Accessories
manik-manik yang beraneka macam dengan kemasan yang sangat menarik dan unik, aneka
olahan kacang hijau yang bergizi tinggi dan aneka kreasi manik-manik ini akan lebih
disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak, maupun orang dewasa.
Dalam bisnis
plan ini kacang hijau dan manik-manik sebagai bahan utamanya, diolah menjadi aneka
jajanan dan model Accessories dengan berbagai macam rasa dan bentuk sesuai
kesukaan pelanggan. Sehingga jajanan dan Accessories manik-manik ini akan sangat
merakyat dan banyak diminati dan dinikmati dari pada kacang hijau dan
manik-manik yang masih belum diolah atau berbentuk bahan dasar.
B.
Data
Unit Usaha
Nama perusahaan : Bumiharjo
Mandiri
Bidang usaha :
Wirausaha kuliner dan Accessories
Jenis produk :
Kuliner dan Accessories
Alamat perusahaann : Desa
Bumiharjo, Kec. Guntur, Kab. Demak, Prov. Jawa Tengah
C.
Visi
dan Misi
·
Menyalurkan
hobi dan kreatifitas
·
Menciptakan
lapangan kerja
·
Menumbuhkan
jiwa entrepreneur masyarakat
D.
Biodata
Pengusaha
Nama : Bumiharjo
Mandiri
Jabatan :
Warga Desa Bumiharjo
Alamat : Desa
Bumiharjo, Kec. Guntur, Kab. Demak, Prov. Jawa Tengah
Tlp : 081901220164
E.
Susunan
Organisasi
·
Job
description
a.
Direktur:
termasuk pemegang saham dan pendiri yang mengelola dan mengatur jalannya usaha
rumah tangga.
b.
Manager
keuangan: staff yang bertugas sebagai
pemroduksi bahan yang akan dihasilkan atau produksi oleh perusahaan. Dan
pemegang keuangan.
c.
Manager
pemasaran: staff yang bertugas untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk
perusahaan.
d.
Manajer
produksi: yang bertugas pada proses produksi
e.
Staff
lapangan: bertugas mengkondisikan lapangan kerja
F.
Peluang
dan Tawaran Gambaran Usaha Accessories dan Aneka Jajanan Kacang Hijau
Usaha yang ini
adalah sebuah lapangan usaha yang memberikan peluang bagi setiap pembeli untuk
mendapatkan kepuasan mereka. Dan juga memberikan lapangan pekerjaan serta
lapangan untuk usaha, kami akan membuka usaha ini dengan bentuk promosi dan
membuka untuk kreatifitas, menyalurkan hobi tataboga dan memanfaatkan hasil
pertanian desa Bumiharjo. Kami akan memberikan beberapa kreasi bentuk dan
sensasi rasa yang berbeda-beda pada produk kami.
Accessories dan
aneka jajanan kacang hijau yang akan kami produksi ini terdiri dari bros
jilbab, bunga hias, tas parcel, gantungan kunci, gelang, dll, dengan berbagai
model dan bentuk yang menarik yang disukai konsumen baik anak-anak maupun
kalangan orang dewasa. Sedangkan dari produk kacang hijau dapat diolah menjadi
beberapa aneka jajanan pasar, kue kering, kripik, dll, tentunya dengan kemasan
yang menarik pembeli, karena jajanan ini sangat merakyat. Harga yang kami
tawarkan bervariasi sesuai dengan rasa dan bentuknya. Penawaran ini akan kami
coba untuk kalangan semua masyarakat.
G.
Target
yang dituju
·
Masyarakat
pada umumnya
·
Orang
dewasa dan anak-anak
·
Pasar
swalayan
·
Harga
yang terjangkau oleh semua masyarakat, dengan target penghasil usaha yang
besar.
H.
Analisis
Produksi
Gambaran
produksi yang akan diperlukan adalah, peralatan dan bahan untuk pembuatan Accessories manik-manik
dan pengolahan kacang hijau dengan rincian harga sebagai berikut:
Daftar barang untuk pembuatan Accessories:
1.
Manik-manik
25 mcm x 5 x @ 6.000 = 750.000,00
2.
Glue
Gun 5
x @ 22.500 = 112.500,00
3.
Lem
Lilin 100 x @1000 =
100.000,00
4.
Pin
bros 5 bks x @ 15.000 =
75.000,00
5.
Tangkai
bunga 25 x @2000 = 50.000,00
6.
Tali
gantungan 5 bks x @5.000 = 25.000,00
7.
Pita
tangkai 5 roll x @5.000 = 25.000,00
8.
Kemasan
7 x @ 5000 = 35.000,00
9.
Tali
senar 2 bks x @3000 =
6.000,00
+
Jumlah = Rp 1.178.500,00
Daftar harga
bahan produksi di atas akan menghasilkan 725 buah Acsesories, dengan perincian:
§ Bros jilbab besar =
200 buah x @Rp 6.000 = 1.200.000,00
§ Bros jilbab kecil =
300 buah x @3.000 = 900.000,00
§ Gelang =
100 buah x @15.000 =
1.500.000,00
§ Bunga hias =
25 tangkai x @20.000 = 500.000,00
§ Kalung =
50 buah x @ 15.000 = 750.000,00
§ Gantungan kunci = 100
buah x @ 3.000 = 300.000,00 +
Jumlah =Rp
5.150.000,00
Daftar
harga aneka Accessories yang akan kami produksi:
1.
Bros
jilbab besar = 1@ 6000,00
2.
Bros
jilbab kecil = 1@ 3.000,00
3.
Gelang = 1@ 15.000,00
4.
Kalung = 1@ 15.000,00
5.
Bunga
hias = 1@ 20.000,00
6.
Gantungan
kunci = 1@ 3000,00
Bahan-bahan untuk produksi kacang hijau:
1)
Kacang
hijau 50 kg = 1 kg @4000,00 x 50
kg = 200.000,00
2)
Pisang 100 biji =
1biji @500 x 50 biji = 25.000,00
3)
Gula
Jawa = 1 kg@10.000
x 10 kg = 100.000,00
4)
Kelapa = 1 @3.000 x 25
biji = 75.000,00
5)
Margarine = 1 @20.000 x 1 kg =
20.000,00
9)
Vanili = 1 btl @2.000 x
3 btl = 6.000,00
10) Keju =
1kotak @15.000 x 5 biji = 75.000,00
12) Coklat batang =
1 bks @5.000,00 x 5 bks = 25.000,00
17) Perasa makanan =
1 btl @12.000 x 5 =
60.000,00
19) Garam =
1 bks @500 x 5 bks = 2.500,00 +
Jumlah = Rp 1.019.000,00
Daftar harga barang penyajian tumpi dan jajan kacang hijau:
1)
Kantong
plastik 1@2.000,00 x 20 pak = 40.000,00
2)
Gelas
ice cream 1 pac @15.000,00 x 2 =
30.000,00
3)
Kotak
snact 1@150,00 x 100 biji = 15.000,00 +
Jumlah =
85.000,00
Jumlah = 65.000,00
Daftar harga bahan produksi kacang hijau di atas akan menghasilkan:
§ Tumpi kacang hijau = 1000 bks x @2000 = 400.000,00
§ Kue kacang hijau aneka rasa =
300 bks x @4.000 = 1.200.000,00
§ Ice cream kacang hijau = 1 box (200 bks) x 2000 = 400.000,00
§ Pudding kacang hijau =
100 kotak x 3000 = 300.000,00
Jumlah = Rp 2.300.000,00
Daftar harga aneka
rasa kacang hijau yang akan kami produksi:
a.
Tumpi
ukuran sedang = 1 bks @ 2000,00
b.
Kue
aneka rasa = 1 bks
@ 4000,00
c.
Ice
cream kacang hijau = 1 cup @ 2000,00
d.
Pudding
kacang hijau = 1kotak @ 3000,00
Anggaran di
atas adalah awal kami membuka usaha kecil-kecilan ini. Sedangkan untuk upahnya
dan kembali modal kami akan lanjut sesuai pemasaran. Untuk awal usaha Accessories
ini modal kami sebesar Rp 1.178.500, untuk lima kelompok kerja yang
terdiri dari 10 orang. Dan untuk modal usaha pengolahan kacang hijau sebesar Rp
1.104.000. Oleh karena usaha pengolahan kacang hijau terdapat lima kelompok kerja yang terdiri dari 10 orang, maka
membutuhkan biaya Rp 1.104.000 x 5 = Rp 5.520.000.
Sehingga untuk modal Accessories Rp
1.178.500 perminggu, dan pengolahan kacang hijau membutuhkan biaya Rp 5.520.000 perhari.
Karena peralatan tidak dibeli
dalam setiap hari maka saya hanya akan merinci biaya perawatannya, untuk jaga-jaga jika terjadi kerusakan barang
sewaktu-waktu. Dengan biaya perawatan per hari 5.000,00 x 5 = 25.000,00. Maka
dengan perincian diatas saya bisa menggambarkan keuntungan yang akan saya
peroleh jika produk saya terjual habis dalam satu hari sebagi berikut:
Modal
pembuatan Accessories perminggu:
a.
Biaya bahan mentah : 1.178.500,00 x 1 = 1.178.500,00
b.
Biaya perawatan : 5.000,00 x 5 =
25.000,00 +
Jumlah = 1.203.500,00
Keuntungan
perminggu:
a.
Hasil penjualan Accessories
perminggu : 5.150.000,00 x 1 = 5.150.000,00
b.
Modal pembuatan : 1.203.500,00 x 1 = 1.203.500,00
c.
Transport belanja =
10.000,00 -
Jumlah
= Rp 3.936.500
Kesimpulan:
Dengan
demikian dapat diambil kesimpulan bahwa, setiap hari kami bisa mendapatkan
keuntungan bersih dari hasil usaha Accessories sebesar 3.936.500,00 setelah
dipotong untuk biaya modal pembuatan produk perhari dan biaya transport
belanja. Jika hasil keuntungan setiap minggu dikumpulkan dan dihitung per
bulannya, maka per bulan bisa mendapatkan keuntungan 3.936.500,00 x 30 hari = Rp
118.095.000.
Modal pengolahan
kacang hijau perhari:
c.
Biaya bahan mentah : 1.104.000,00 x 5 = 5.520.000,00
d.
Biaya perawatan : 5.000,00 x 5 = 25.000,00
+
Jumlah = 5.545.000,00
Keuntungan
perhari:
d.
Hasil penjualan Aneka
jajanan : 2.300.000,00 x 5 = 11.500.000,00
e.
Modal pembuatan : 1.104.000,00 x 5 = 5.545.000,00
f.
Transport belanja =
10.000,00 -
Jumlah = Rp 5.945.000
Kesimpulan:
Dengan
demikian dapat diambil kesimpulan bahwa, setiap hari kami bisa mendapatkan
keuntungan bersih dari hasil usaha pengolahan kacang hijau sebesar 5.945.000,00
setelah dipotong untuk biaya modal pembuatan produk perhari dan biaya transport
belanja. Jika hasil keuntungan setiap hari dikumpulkan dan dihitung per
bulannya, maka per bulan bisa mendapatkan keuntungan 5.945.000,00 x 30 hari =
Rp 178.350.000.
I.
Analisis
Sumber Daya Manusia
Karena target
kita adalah seluruk kalangan masyarakat umum, maka hal yang terpenting bagi
kami adalah kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Karena kami memiliki
inisiatif untuk membuka usaha ini bukan hanya sekedar hobi saja, akan tetapi
melihat kondisi bahan pokok yang berlimpahdi desa Bumiharjo dan kebutuhan
masyarakat Indonesia akan gizi yang tinggi. Dan kegemaran masyarakat akan style
dan gaya hidup yang menarik. Sehingga hal ini akan menjadi sebuah jalan yang
jitu untuk memasarkan produk kami.
J.
Analisis
Pemasaran
Setelah lewat
proses produksi, kami lanjutkan untuk proses penditribusian produk. Dalam
mendistribusikan produk kami memiliki macam metode pemasaran yang akan kami
lakukan dari pemasaran dari yang sempit hingga meluas. Sasaran pemasaran Accessories
kami adalah pasar, swalayan, butik, perumahan dan lingkungan pendidikan (Pondok
Pesantren, SMP, SMA, Kampus) dan perkantoran. Sedangkan untuk jajanan kacang
hijau adalah pasar, swalayan, kios, perkantoran, dan lingkungan pendidikan,
yang menurut kami sangat strategis untuk memasarkan produk kami yang sangat
merakyat ini. Karena usaha kami adalah usaha pemula dan masih tergolong usaha
kecil, sehingga dengan berjalannya waktu kami akan memiliki pelanggan dan
peninat yang lebih banyak dibandingkan saat pemula, kami akan mengalami pasar
yang cukup mendrastis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
K.
Analisis
Financial
Modal untuk
membuka usaha kami hanya memilih beberapa hal yang dirasa perlu intuk pemasaran
ini, karena untuk pemula kami hanya membuka industri rumah tangga yang hanya
beranggotakan keluarga dan dana financial yang kami dapatkan hanya sederhana,
seperti tempat untuk produksi kami yang hanya sederhana, seperti tempat untuk
produksi kami hanya mengambil beberapa ruangan dirumah kami untuk proses
produksi. Dan nampaknya dana yang paling dibutuhkan adalah seperti peneluaran
untuk modal. Pengeluaran untuk modal kami tidak mengeluarkan untuk tempat dan
lain sebagainya, akan tetapi terfokus pada bahan yang akan diproduksi seperti
bahan-bahan yang diperlukan untuk produksi getuk dengan kreasi dan inovasi yang
upto date.
L.
Analisis
Kondisi Pasar
Memang telah
banyak rumah makan/jajanan yang ada di daerah kami, akan tetapi dengan
meningginya para konsumen nasi, kami berani untuk membuka usaha dalam hal
persaingan yang ketat ini dengan mencoba hal yang baru, kami akan bersaing dan
dengan harga rakyat yang kami tawarkan kami yakin bahwa usaha kami akan
berjalan dengan lancer.
§ Kelebihan
Karena
masyarakat yang banyak meminta produksi kami optimis untuk meneruskan usaha
ini, dengan banyaknya income maka usaha ini menjadi lancer dengan melihat
konsumen yang lebih banyak.
§ Kelemahan
Karena
persaingan pasar yang banyak yakni rumah jajanan yang semakin banyak penjual
akan membuat kami lemah untuk bersaing. Dengan segala failitas yang terbatas
untuk pemula maka hal ini akan membuat kami memiliki kelemahan yang agak sulit.
§ Ancaman
Dengan
banyaknya pedagang pasar yang menjual produk yang serupa, maka kami mendapatkan
ancaman dalam bersaing. Dengan adanya ini maka kami berusaha untuk selalu maju
membuat kreasi dan inovasi baru yang berbeda dengan kwalitas yang lebih baik
dari produk lainnya.
§ Peluang
Karena
usaha kami yang masih baru, maka kami akan membuat produk sesuai dengan
permintaan konsumen tiap harinya. Sehingga produk yang kami buat bisa terjual
seluruhnya, kami juga melayani pemesanan dari para pelanggan yang membutuhkan
produk kami. Dengan itu semua maka, kerja kami akan lebih optimal dan usaha
kami pun akan bisa berkembang dalam persaingan pasar dengan proses yang pasti.
Adanya usaha ini lapangan pekerjaan dan kemakmuran bagi masyarakat akan bisa
tercipta.
M.
Strategi
Pemasaran
Metode yang
akan kami gunakan dalam usaha kami adalah metode marketing mix strategi.
Marketing dan mix strategi ini adalah kombinasi dari pemasaran dan kreatifitas,
seperti:
§ Product and service strategi
ü Memproduksi dengan menambahkan kreatifitas
ü Menerima pesanan pembeli
ü Membuat kreasi dan inovasi baru pada produk
§ Place strategi
Tempat
pemasaran produk kami buka dilingkungan yang menurut kami sangat strategis
untuk menjajakkan produk kami kepada masyarakat luas, sehingga kami memutuskan
untuk membuka outlet-outlet di lingkungan kantor, pendidikan (SD, SMP, SMA,
KAMPUS), depan swalayan dan Pujasera, disamping kami menjajakkan dipasar-pasar
tradisional.
Selain
itu kami juga memasarkan produk kami lewat iklan-iklan, seperti menyebarkan
selembaran keberbagai tempat, lewat website yang kami buat dan juga lewat
penawaran langsung secara personal/face to face ke masyarakat.
N.
Strategi
Pemasaran
Seperti yang telah ada pada visi misi di atas, yakni:
1.
Menyalurkan
hobi dan minat, kreatifitas untuk berusaha
2.
Menciptakan
lapangan pekerjaan
3.
Menumbuhkan
jiwa entrepreneur masyarakat
Maka untuk melanjutkan visi misi, maka yang harus kami lakukan
adalah:
1)
Tempat
pemasaran yang efektif dan efisien
2)
Kualitas
barang yang ditawarkan
3)
Tingkat
kreatifitasnya
4)
Layanan
yang memuaskan pelanggan
5)
Media
yang digunakan untuk pemasaran
6)
Menjunjung
tinggi kejujuran dan loyalitas
7)
Optimis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar